Top Social

Today, I am a Muslim :)

|



Jika agama ortu loe bukan Islam, akankah loe beragama islam?” pertanyaan tersebut diajukan oleh Adjis, temen SMAku melalui akun twitternya @jisjus pada bulan ramadhan kemarin.

Well, Hana juga pernah mengajukan pertanyaan yang sama ke diri Hana sendiri waktu Hana berusia 17 tahun. Akankah Hana memilih Islam jika Hana terlahir dalam keluarga yang bukan Islam? Pertanyaan tersebut mendorong, Hana mulai mencari tahu tentang agama lain yang ada di Indonesia seperti protestan, budha, katolik, dan hindu. 

Dan mereka berkata “Sekiranya Allah yang Maha Pengasih menghendaki, tentulah kami tidak menyembah mereka (malaikat).“ Mereka tidak mempunyai ilmu sedikitpun tentang itu. Tidak lain mereka hanyalah menduga-duga belaka. Atau apakah pernah Kami berikan sebuah kitab kepada mereka sebelumnya, lalu mereka berpegang (pada kitab itu)? Bahkan mereka berkata “Sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami menganut suatu agama dan kami mendapat petunjuk untuk mengikuti jejak mereka” (Q.S. Az-Zukhruf: 20-22)



Setelah membaca ayat tersebut, hana jadi takut jangan-jangan Hana beragama Islam karena ikut-ikutan doang? Bagaimana jika Hana termasuk golongan orang-orang yang mengikuti agama/tradisi nenek moyang secara membabi buta?



(Rasul itu) berkata, “Apakah (kamu akan mengikutinya juga) sekalipun aku membawa untukmu (agama) yang lebih baik dari (agama) yang dianut nenek moyangmu? Mereka menjawab “Sesungguhnya kami mengingkari (agama) yang kamu diperintahkan untuk menyampaikannya. Lalu kami binasakan mereka, maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (kebenaran)” (Q.S. Az-Zukhruf: 24-25)



 Pikiran Hana pun melayang ke masa dimana Hana berusia 14 tahun di kelas dua SMP. Hana masih ingat salah satu guru favorit Hana di SMPN 1 Karawang, Pak Daniel pernah berkata di depan kelas “Menurut saya di Indonesia, agama itu tradisi. Orang-orang memilih agama tertentu karena orang tuanya memiliki agama tersebut.” Beliau mengajar PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dan beragama Katolik. “Saya sendiri pernah belajar agama-agama di Indonesia dan sempat membuat saya pusing memilih. Akhirnya saya memutuskan mengikuti jejak orang tua saya,beragama Katolik.”. ungkap Beliau. Waktu mendengar penjelasan tersebut, Hana ngga benar-benar memikirkan penjelasan Pak Daniel. 

Tiba-tiba Hana sadar, abi Hana kan mualaf. Beliau dibesarkan dalam keluarga yang memiliki kepercayaan  Konghucu, sempat pindah ke Budha, lalu Hindu, kemudian Katolik, sampai akhirnya memilih Islam. Jika kondisi Hana seperti abi Hana, akankah Hana mencari Islam dan memilihnya? Soalnya Hana kenal diri Hana sendiri, Hana termasuk orang yang konservatif. Menurut Hana sih sangat mungkin kalau Hana dilahirkan di keluarga yang bukan Islam, Hana mungkin saat ini tidak beragama Islam.

Masih terngiang "Bahkan mereka berkata “Sesungguhnya kami mendapati nenek moyang kami menganut suatu agama dan kami mendapat petunjuk untuk mengikuti jejak mereka” (Q.S. Az-Zukhruf:22)

Akhirnya Hana pun mulai belajar agama lain dari internet dan bertanya ke temen-temen Hana yang beragama non Islam. Alhamdulillah, setelah beberapa lama mencari tahu, Hana memutuskan untuk tetap memilih Islam karena bagi Hana Islam adalah agama yang logis dan benar. Kalau pakai teori perkembangan,  untuk masalah agama, pada awalnya Hana berada pada tahap foreclusure, dimana agama Hana merupakan agama orang tua Hana. Namun, setelah Hana mempelajari lebih mendalam mengenai agama Islam dan mencari tahu mengenai agama lain, Hana merasa yakin bahwa pilihan agama Hana benar kemudian memilih untuk berkomitmen. Hana pun sadar bahwa  nikmat terbesar yang Allah berikan ke Hana adalah lahir dalam keluarga yang beragama Islam :D


“…  Pada hari ini telah Aku telah sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah aku ridai Islam sebagai agamamu …  (Q.S. Al-Maidah: 3)






Ya, semenjak saat itu hingga saat ini Hana masih memilih Islam. :D Semoga aja sampai mati pun Hana masih beragama Islam :D

O ia, harap dicatat : Abi Hana masuk Islam bukan karena menikah dengan Umi Hana. Abi memang memilih Islam (masuk Islam sebelum ketemu Umi). Umi ma Abi Hana nikah lewat jalur taaruf dikenalin ma Murabi =)

gambar diunduh dari https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/p206x206/544461_3600377778301_807976716_n.jpg
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature