Top Social

Yuk Bantu Gerakan #MelawanAsap

|
Hari ini, Kamis 8 Oktober, saya dikejutkan dengan tampilan headline Koran Republika di meja ruang baca kantor.
Mengapa tulisanya tidak jelas dan seperti dilapisi abu-abu.
Saya mendekat untuk memegang, saya kira korannya dilapisi kertas plastik abu-abu yang jika dibuka saya masih bisa membaca halaman depannya.
Saya pernah menemukan kasus mirip pada Koran Kompas, namun untuk iklan.
Saya pikir koran Republika juga melakukan hal seperti itu.
Tapi ternyata tidak.
Saya berusaha membaca headlinenya karena untuk bagian awal tulisan cukup jelas, namun lama-kelamaan meski saya mendekatkan wajah dan mengercap-ngercapkan mata saya ke koran, saya tetap tidak dapat membaca halaman pertama.


Mata saya sempat lelah dan sakit karena berusaha keras membaca halaman depan. Saya kemudian membaca bagian paling bawah: Saat tertutup asap semua berita menjadi sulit dibaca.

Saya terhenyak. Secara tidak langsung Republika memberikan pengalaman langsung bagaimana sulitnya melihat & membaca ketika pandangan kita terhalang kabut asap. Idenya benar-benar keren! Masya Allah! Saya merasa masuk suatu simulasi, tapi lebih aman karena tidak asap.
Saya tidak dapat membayangkan kondisi saudara-saudara kita di sana. 
Selain kesulitan membaca, mereka juga kesulitan bernapas dan beraktivitas.
Bahkan paparan kabut asap ini membuat korban ISPA berjatuhan.

Geram, kesal, sedih rasanya membaca berita tentang kabut asap yang melanda sebagian kawasan di Indonesia selama dua bulan terakhir.
Tapi daripada mengutuk,  yuk bergerak kita bantu saudara-saudara kita disana!

Misalnya ikut mendanai Gerakan #MelawanAsap oleh Kitabisa.com. Saat ini ada 13 campaign yang berlangsung untuk pengadaan masker, obat-obatan, hingga tumbuhan penjernih udara. Kalian cek disini dan kemudian pilih campaign yang kalian suka.



Atau bisa ikut Gerakan #BerbagiO2 yang dilakukan oleh Korps Relawan Salman ITB (KORSA) Rumah Amal Salman ITB YPM Salman ITB.  Mereka memprakarsai gerakan 'saling menyambung nafas' dengan menyalurkan donasi #GerakanBerbagiO2: Rp 100.000 untuk 2 tabung gas oksigen.
Salurkan donasi melalui rekening BNI Syariah 800 500 4003 a.n. YPM Salman ITB



Bisa juga ikut mensukseskan program Posko Darurat Kabut Asap oleh Rumah Zakat. Rencananya, RZ akan membangunkan Posko Darurat Kabut Asap tersebut di 6 titik bencana, antara lain Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin dan Balikpapan.

Layanan Posko Darurat Kabut Asap, antara lain :

1. Penyediaan Masker Berkualitas
2. Pemberian Oksigen
3. Pemeriksaan Kesehatan oleh Tenaga Medis
4. Obat-obatan
5. Pengantaran Ambulance.

Donasi Peduli Korban Asap
Rp.275.000/ 10 penerima
Rp.41.250.000 / titik per bulan

Rekening Donasi:
Bank Mandiri
132000 481 974 5

Bank Central Asia
094 301 6001



 Yuk berpartisipasi menjadi bagian dari solusi :)

Dan jangan lupa berdoa semoga saudara-saudara kita disana diberi kekuatan dan ketabahan menjalani ini semua dan semoga bencana kabut asap ini segera berlalu dan tidak terulang lagi di tahun-tahun mendatang.




 #SaveHutanIndonesia #BloggerMuslimah #SpecialBlogWalking

13 komentar on "Yuk Bantu Gerakan #MelawanAsap"
  1. Sangat miris bencana asap, tergoda dengan keuntungan besar sehingga menyebabkan para "pengusaha" rela membakar hutan -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mba TItis :( Semoga mereka pada bertobat ya dan melakukan perbaikan...

      Hapus
  2. semoga cepat berlalu musibah ini..kalau terlalu lama saya jadi khawatir sama kesehatan anak saya :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Bunda Izzawa :)
      Anak Bunda usianya berapa?

      Hapus
  3. yup bismillah harus ada langkah konkrit untuk mereka.. makasih mbak mengingatkan untuk berdonasi.. karena dari harta kita ada hak mereka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mba :) ya Mba Sri, ada hak mereka di harta kita :)

      Hapus
  4. Hehehe koran Republika itu menurut saya kreatif banget deh idenya :-)

    BalasHapus
  5. kritiknya republika keren.. semoga asap lekas pulih dan tak terulang lagi

    BalasHapus
  6. Hiks. sediih.. kapan ya masalah asap ini bisa selesai?
    tiap tahun selalu dan selalu terjadi,
    Indonesia... ;'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mba Arina.. semoga tahun ini bisa jadi yang terakhir kalinya :'(

      Hapus
  7. gerakan donasi yang sangat keren semoga selalu dalam jiwa patriotisme kebaikan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature